Monday, May 23, 2016

Kesenian Jaran Dor Versi "Paseban Agung Kudus"

0


Kesenian Jaran dor itu apa? Sering kita mendengar permainan Jaran Kepang, Kuda Lumping. Kesenian Jaran Dor itu merupakan bagian dari acara ritual dari atraksi Kuda lumping atau Jaran kepang. Dalam atraksi kesenian jaran dor dalam versi perkumpulan Paseban Agung dari Kabupaten Kudus ini berbeda dengan atraksi Jaran kepang atau kuda Lumping pada umumnya. Versi jaran dor Paseban Agung Kudus atraksinya sudah tidak menggunakan orang-orang yang kesurupan lagi. Tetapi disini menggunakan kekuatan Magic dari aura Alami.
Sebelum kita mengetahui lebih jauh Atraksi Jaran dor versi paseban Agung mari kita lihat perkumpulan Paseban Agung Kudus ini

Paseban Agung Kudus

Paseban Agung. Kudus didirikan oleh seorang ulama Asli kudus beliau seorang Kyai yang bernama H. Panembahan Didik Djuli Tjahjadi. Lokasinya daerah kudus bagian timur tepatnya didaerah desa Golan Tepus. Adapun tujuan perkumpulan ini didirikan untuk menyebar luaskan syiar Islam dikudus dan sekitarnya supaya pemahaman tentang Islam betul-betul dipahami masyarakat. Selain memberikan pelajaran tentang agama Islam beliau juga mengajarkan berbagai Ilmu Warisan leluhur budaya Kudus, Salah satu diantaranya adalah kesenian Barongan dan Jaran Dor.

Barongan dan Jaran Dor

Kesenian barongan dan Jaran Dor ini oleh perkumpulan Paseban Agung Kudus  biasanya ditampilkan atau digunakan dalam berbagai acara seperti acara sunatan, ritual adat jawa seperti saat panen raya, ruwatan dll.
Sekarang barongan sering digunakan dalam penyambutan acara kegiatan Nasional seperti acara Agustusan, kedatangan pejabat dari pusat dll.

BARONGAN

Barongan adalah suatu atraksi yang mana kesenian ini dimainkan oleh beberapa orang. Barongan yang bentuknya menyerupai binatang  macan atau singa pada kepalanya, dimainkan oleh 2 orang. Dan dibantu juga oleh beberapa orang dalam suatu pementasan

JARAN DOR

Jaran dor versi paseban agung dipentaskan oleh beberapa orang. Alat yang digunakan meliputi:

1. Jaran Kepang bentuknya  seperti kuda tetapi dibikin dari kepang bambu digunakan untuk dinaiki pemain jaran dor

2. Dupa, Menyan, minyak wangi. Digunakan untuk ritual pengambilan kekuatan alam

3. Paku, silet, jarum besar untuk Atraksi pada waktu Jaran dor berlangsung

4. Pecut, bambu, kayu digunakan untuk memukul pemain

ATRAKSI BARONGAN DAN JARAN DOR

Atraksi Barongan dilakukan dengan pementasan sesuai acara nya. Setelah pementasan Barongan selesai barulah atraksi Jaran dor dilakukan. Atraksi Jaran dor ini dimulai dengan disiapkannya perlengakapan dupa dan lainnya. 
Atraksi jaran dor ini dilakukan dengan iringan musik khas jaran dor agar pemainnya merasakan kekuatan magic alam sekeliling tempat ritual tersebut. Dengan iringan musik berirama khusus pemain berjoget menaiki jaran kepang, dan atraksi jaran dor bisa dilakukan diantaranya:
1. Makan silet
2. Makan semprong kaca
3. Makan paku besi
4. Dipecut dan dipukul pakai pakai bambu
5. Lidah dan anggota tubuh pemain ditusuk memakai jarum/besi runcing
Dari atraksi diatas paling menegangkan adalah pemain ditusuk lidah dan anggota tubuhnya. Atraksi ini akan selesai bila pemain menyatakan sudah cukup waktunya untuk berhenti.
Selesai atraksi para pemain bisa istirahat sambil makan minum sepuasnya. Atraksi selesai Lantunan musik jaran dor juga berhenti. Demikianlah sekelumit tentang ilmu warisan leluhur jaran dor versi Paseban Agung Kudus.

#Bagi yang minat menyaksikan vidio atraksi jaran dor dapat menghubungi kami 083820001000

0 comments:

Post a Comment