Wednesday, July 1, 2015

Pesona Batu Akik Nogo Sui Dan Khasiat Bagi Pemakainya

0

Pesona Batu Akik Nogo Sui Dan  Khasiat Bagi Pemakainya

     Batu akik naga sui merupakan salah satu jenis batu akik dengan warna yang memukau, sebab memiliki warna dasar hijau disertai bercak merah seperti darah.
Batu akik naga sui merupakan salah satu jenis batu akik yang saat ini sedang gencar dicari oleh penghobi batu akik. Batu akik yang satu ini memiliki bercak merah seperti darah sehingga sering juga dikatakan dengan bloodstone. Nah sedangkan warna dasarnya adalah warna hijau.    

     Nogo sui (bloodstone) mempunyai nama ilmiah Heliotrope yang merupakan chalcedony, kombinasi dari cryptocrystalline antara kuarsa dan monoclinic polymorph moganite. Yang terkandung di dalam Bloodstone merupakan chalcedony hijau yang mempunyai inklusi iron oxide jasper merah. Jadi sebenarnya secara ilmiah nogosui (bloodstone ) mengandung gabungan antara chalcedony hijau dengan jasper merah. Terkadang inclusinya tidak berwarna merah, tetapi juga bisa berwarna kekuningan. Batu ini merupakan kombinasi antara monoclynic polymorph moganite dengan kuarsa.

     Batu naga sui asli dapat ditemukan di kaki gunung Slamet di Indonesia, tepatnya di daerah Banyumas dan Brebes. Batu ini juga sudah mendunia dan beberapa daerah penghasilnya yaitu Amerika Serikat, Brazil, Australia, dan India. Dikarenakan proses alamiah terbentuknya batu ini, maka jika dipakai sebagai cincin atau perhiasan lainnya maka dapat melancarkan peredaran darah. Selain itu, batu akik naga sui ini juga dapat mengatur emosi seseorang sehingga dapat mengontrol stres. Perpaduan warna dasar dan bercak merah seperti darah pada batu ini membuat warnanya sangat indah dan mengandung misteri tertentu.
    
     Hampir semua peminat batu veteran mengenal dan tahu tentang batu Nogo Sui atau sering disebut bloodstone (heliotrope) dalam dunia international. Batu nogo sui adalah batu jasper yang berwarna dasar hijau dengan bercak-bercak merah seperti darah. Batu ini akan tampak seperti batu badar lumut yang terkena bercak darah. Banyak orang salah dalam menyebut batu nogo sui dengan jasper biasa atau jasper pancawarna, padahal nogo sui merupakan batu bloodstone itu sendiri.

     Para pejuang dulu membawa kerikil bloodstone ketika akan berperang selain untuk meningkatkan keberanian tetapi juga sebagai penyembuhan terhadap luka yang ditimbulkan ketika perang. Ketika batu itu disentuhkan kepada luka, maka darah  yang mengalir dari luka tersebut akan berhenti. Pada abad pertengahan, banyak orang memanfaatkan batu ini sebagai sarana penyembuhan. Mereka akan menumbuk bloodstone hingga menjadi bubuk halus. Kemudian dicampur dengan telur dan madu diminum, berkhasiat untuk menyembuhkan tumor. Dan membuat pasta dari tumbukan bloodstone untuk menyembuhkan pendarahan dengan menggosokkan pada luka.

Batu nogo sui (bloodstone) penilaian kemulusan dan kerataan bercak merahnya adalah dilihat dari ketuaan warna hijaunya. Semakin tua warna hijau dan bercak merahnya akan semakin tinggi nilainya. Tetapi semakin pekat warnanya sehingga apabila terkena cahaya tidak bisa memantulkan warnanya membuat batu tersebut bernilai rendah. Akan terlihat bagus apabila bloodstone di buat berbentuk oval dan tidak disarankan untuk menggosok batu ini. Batu nogo sui akan memperlihatkan keindahannya sebagai perhiasan apabila dipadankan dengan cincin emas berukir. Bisa juga dengan cincin perak, namun desain cincinnya jangan terlalu mewah. Menggunakan desain cincin yang sederhana dan indah akan menambah nilai batu nogo sui.

    Batu akik Nagasui perlu dilakukan perawatan agar bentuk dan warna nya tetap indah mengkilap.
Luangkan waktu barang satu bulan sekali untuk mencuci akik ini dengan bahan pembersih piring atau kaca, bisa juga pakai shampoo. Meskipun tidak diharuskan, alangkah baiknya Anda mengolesinya dengan wewangian yang dipercaya mempunyai energi spiritual, yaitu minyak non alkohol berjenis mawar, melati, cendana dan gaharu.

     Batu Akik Nogo Sui banyak orang yang menamakan Bloodstone atau heliotrope dan kebanyakan orang Indonesia sering member nama Batu Akik Nogo Sui. Batu Akik Nogo Sui atau Bloodstone biasanya banyak ditemukan di daerah Benua Amerika seperti Brazil, Amerika Serikat dan di Asia Australia, India dan Indonesia. Di Indonesia sendiri bongkahan bahan Batu Akik Nogo Sui banyak ditemukan di kaki Gunung Slamet tepatnya di sungai- sungai daeah sekitar. Manfaat dan Ciri- Ciri Batu Akik Nogo Sui adalah sebagai berikut :

Ciri- Ciri Batu Akik Nogo Sui: 

1. Warna didominasi warna hijau sekitar 60%.
2. Warna hijau Batu Akik Nogo Sui memiliki warna seperti warna batu akik badar lumut.
3. Kemiripan seperti warna batu akik pancawarna.
4. Memiliki tingkat kekerasan 6-7 skala mohs.
5. Warna bercak merah seperti warna merah darah.

Manfaat Batu Akik Nogo Sui: 

1. Sebagai penangkal kekuatan jahat, negatif atau iblis.
2. Lambang akan kebenaran dan keadilan.
3. Meningkatkan keberanian.
4. Penyembuhan terhadap luka.

Demikian merupakan Manfaat dan Ciri- Ciri Batu Akik Nogo Sui semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua para pencinta batu akik. Manfaat atau khasiat Batu Akik Nogo Sui merupakan suatu mitos yang budaya pola pikir manusia yang ada yang beranggapan percaya dan ada yang tidak. Ikuti terus informasi seputar informasi dan tips batu mulia hanya di qsuro.blogspot.com

"BACA JUGA ARTIKEL" INI :

1. Keindahan Pesona Batu Akik Kalsedon (Kaladen)

2. Merawat Dan Mengkilapkan Batu Akik Kalimaya Black Opal

3. Menghilangkan retak Dan  Mengeluarkan warna (jarong) Pada Batu Akik Black opal

4. Mengenal Batu Akik Kalimaya (Black Opal), Kilau Indah Dari Banten

5. Batu Akik Kecubung "DIBURU" Kolektor

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan follow.

0 comments:

Post a Comment