Monday, July 6, 2015

Batu Akik Bacan Sicantik Dari Halmahera

1

Batu Akik Bacan si Cantik Dari Halmahera

       Salah satu jenis batu yang menjadi incaran para kolektor batu akik adalah Batu Bacan. Batu Bacan terkenal dengan warna hijaunya, sangat cantik dan memiliki khasiat.
Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai batu akik Bacan. Bagi Anda yang belum tahu secara terperinci batu akik yang satu ini, silahkan simak ulasan berikut.

       Salah satu jenis batu mulia ini berasal dari daerah Maluku Utara. Perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya nama ‘bacan’ bukan berasal dari nama daerah penghasil batu bacan yaitu Pulau Kasiruta. Asal mula nama ‘Bacan’ sendiri diambil dari nama pulau tempat dimana diperdagangkannya batu akik tersebut.
Banyak para kolektor batu mulia dari luar negeri mulai berburu batu jenis ini pada sekitar tahun 1994, namun di Indonesia sendiri baru mulai populer pada sekitar tahun 2005. Batu bacan merupakan batu perhiasan penting pada masa kesultanan Bacan, Jailolo, Tidore dan Ternate.

       Batu akik bacan juga sering disebut juga dengan batu giok nya Indonesia. Untuk jenis yang sering ditemukan di pasaran adalah jenis batu bacan jenis Doko dan batu bacan jenis Palamea. Nama jenis kedua batu bacan tersebut diambil dari nama daerah asal batu bacan sendiri yaitu Desa Palamea dan Doko Kasiruta Barat.

       Warna pada batu bacan yang merupakan keunggulan dari jenis batu ini, sebenarnya cukup banyak pilihan warnanya. Warna yang sering kita jumpai untuk batu jenis ini adalah Untuk batu akik Bacan doko warnanya yaitu hijau gelap. Sedangkan batu Bacan palamea sendiri warnanya hijau kebiruan.

Namun sebenarnya, batu akik bacan ini tak kurang memiliki 9 jenis warna. Diantaranya adalah warna coklat, merah, putih bening, merah, putih susu kuning tua juga ada. Jadi bagi Anda yang sangat mengagumi batu akik jenis ini, jangan khawatirkan warna karena banyak pilihan yang tersedia dari batu bacan.

       Ada beberapa kelebihan yang paling menonjol dari batu jenis ini :

1. Batu Bacan sendiri terkenal karena keindahan dan keunikannya yang tidak dimiliki oleh batu akik lainnya. Batu akik yang berasal dari Pulau Bacan ini sering disebut sebagai batu hidup ataupun batu bernyawa. Ini karena batu Bacan memiliki proses pengkristalan yang sangat cepat, jauh lebih cepat dibandingkan jenis batu akik lainnya. Bahkan setelah dibentuk menjadi batu cincin, batu Bacan tetap memiliki kemampuan untuk mengkristal secara alami.
Dalam proses yang berjalan, batu ini bisa mengalami perubahan warna dari hitam menjadi berwarna hijau.

2. Batu bacan jenis doko juga bisa menyerap senyawa yang lain, misal jika batu ini disandingkan dengan pengikat berwarna emas maka lambat laun warna batu akan memiliki bintik-bintik warna emas.

3. Kelebihan yang lain adalah batu ini memiliki tingkat kekerasan 7,5 skala Mohs yang bahkan dikatakan lebih keras dari batu giok. Kedua batu akik Bacan ini sangat populer dan menjadi incaran pertama bagi pecinta batu akik.

4. Batu Bacan  terkenal juga  memiliki khasiat dapat mengontrol ion tubuh serta mengontrol emosi. Masih banyak lagi khasiat dari batu akik Bacan yang membuatnya semakin banyak diminati di pasaran.

       Begitu tingginya minat konsumen akan batu akik Bacan, harga batu Bacan pun semakin meningkat.  Jenis batu Bacan yang paling banyak diminati di pasaran yaitu batu Bacan doko. Harga batu Bacan doko ini juga cukup bervariasi tergantung dari kualitas yang ditawarkan.

Tak kurang pemburu batu bacan ini berasal dari manca negara seperti Arab, Eropa dan China berlomba – lomba mendapatkan batu akik jenis bacan ini. Di Taiwan batu bacan dari Indonesia sering dikenal dengan sebutan blue jade atau batu yang mempunyai warna biru.

Selain karena berbagai kelebihan di atas, harga mahal juga disebabkan karena batu akik bacan ini mempunyai sejarah yang begitu kuat karena sudah menjadi pilihan sebagai perhiasan dari empat kesultanan di daerah nya.
Batu Bacan palamea lebih murah jika dibandingkan dengan batu Bacan doko. Walaupun tidak terpaut angka yang cukup besar, namun tetap ada perbedaan harga yang dibanderol. Tetapi kembali lagi tergantung dari keindahan dan kualitas batu Bacan tersebut. Batu Bacan jenis apapun jika memiliki keindahan luar biasa tentunya dijual dengan harga yang tinggi. Batu jenis ini memiliki range harga dari Rp. 200 ribu sampai dengan Rp. 2.5 juta per gram. Bahkan dengan kualitas yang super, batu jenis ini mampu menembus harga  mencapai ratusan juta rupiah per batu.        

       Demikian beberapa sedikit ulasan mengenai sejarah sampai harga dari batu mulia yang paling diburu saat ini batu akik bacan. Semoga bisa menambah informasi untuk Anda.

Baca juga artikel
# Batu Akik Bacan Doko, Palamea dan Perbedaannya

Berikut ini gambar – gambar Batu Akik Bacan indah dan cantik.

Location: Gang Sadewa, Kabupaten Kudus

1 comment:

  1. 12345qwerAJUAL BONGKAHAN BACAN DOKO SUPER
    ASLI DARI HALMAHERA SELATAN ( PULAU KASIRUTA )
    BAHAN BACAN SUPER KRISTAL MALUKU UTARA.
    Kondisi bahan ;.
    - Bahan / rough bacan doko asli bukan sintetis.
    - Bahan tua (galian lama).
    - Kualitas super kristal- Sudah tembus.
    - Bahan keras dan padat.
    - Siap gosok poles.
    - Daging utuh, tanpa kapur.
    - Tidak rapuh, tidak mudah pecah / retak.
    - Deskipsi sesuai apa adanya, harap diperhatikan dengan baik
    Daftar harga :
    1 0ns ; Rp 500rb
    5.ons Rp.1.250.000
    1.kg Rp 2.500.000
    5 kg Rp 6.000.000
    10 Kg Rp 8.000.000
    15,kg Rp.10,000,000,
    Melayani Pembelian Per Kilo Dan Per Ons Untuk Bongkahan
    Kita Juga Melayani Pembelian Luar Daerah Dan Luar Kota
    setiap pembelian perkilo dapat bonus 1 permata batu bacan dan bongkahan batu bacan ukuran kecil Origin untk yg mau pesan hub ;
    Hp.082347225054
    pin :2A846D86

    #.stock terbatas
    Siapa cepat dia dapat
    Bagi yg merasa sudah minat dan ingin transaksi pembelian dengan kami,
    Adapun cara yg kami sediakan:COD bisa silahkan datang ke alamat saya di daerah Halmahera selatan
    Alamat:Jl.Buana Seli No.76 Rt 016 / Rw 002,Desa Labuha,Kecamatan Bacan,halmahera selatan maluku utara,dan bagi peminat batu bacan di luar kota bisa kami kirim melalui jasa pengiriman seperti:JNE/TIKI/KANTOR POS,
    *Bagi peminat luar kota silahkan dikirim fotmat pemesanang sebagai berikut:
    -Nama Lengkap
    -Alamat lengkap
    -No HP(Hendpoon) yang selalu aktif
    -Jika sudah di isi formatnya silahkan CALL/SMS di nmr sebagai berikut:
    Hp.082347225054
    pin :2A846D86

    jika barang sudah kami kirim,kami berikan no.resi pengiriman barang yang anda pesan,dan kami sengaja melayani pembelian luar kota ,kami ingin cari rekan bisnis jual bongkahan batu bacan di luar kota dan siapa tau ada yang minat hubungi kami terimah kasih.Wassalam

    ReplyDelete