Wednesday, July 1, 2015

Batu Akik Kalimaya Dan Kilauannya Yang Indah

0

Batu Akik Kalimaya Dan Kilauannya Yang  Indah

     Seperti yang kita ketahui bersama batu akik jenis kalimaya merupakan jenis batu akik yang sangat populer dan juga mempunyai harga yang mahal. Batu Akik Kalimaya memiliki aneka warna yang sangat indah dan begitu digemari oleh pehobi batu mulia. Tak hanya dari dalam negeri, batu akik kalimaya juga diburu oleh banyak kolektor dari mancanegara.

     Di Indonesia, batu akik opal Kalimaya bisa di dapatkan di daerah Provinsi Banten yang tepatnya di wilayah kecamatan Cimarga, Sajira dan Maja. Selain itu, batu ini juga bisa ditemukan di sekitar Kalimantan. Untuk kualitas batu akik kalimaya dari Banten ini hampir menyamai kualitas dari batu akik opal dari Australia. Sejauh ini Australia masih menjadi pemasok terbesar batu kalimaya di dunia, hampir 97%.

Selain di Australia, Kalimaya juga bisa ditemukan di Meksiko dengan jenis batu kalimaya api. Sampai saat ini masih ada perbedaan terkait asal usul nama opal pada batu Kalimaya. Sementara kalangan pecinta batu mulia menyebut bahwa Opal berasal dari bahasa Romawi, Opalus. Pendapat yang lain menyebutkan bahwa Opal berasal dari bahasa Yunani Opillos.

     Struktur Batu Akik Kalimaya atau Batu Black Opal merupakan bentuk amorfis dari silika dengan kandungan 3% sampai 21% merupakan air. Struktur dari batu opal kalimaya mampu memancarkan dan menyebarkan cahaya dengan berbagai warna tergantung tempat dimana batu akik tersebut berasal.

Batu ini memiliki kekerasan mencapai 5.5 – 5.6 pada skala Mohs yang menempatkannya pada urutan ke delapan. Keunggulan yang ditawarkan oleh batu Kalimaya adalah kemampuannya dalam merefleksikan beberapa warna dalam satu batu. Jadi batu jenis ini satu batu bisa memunculkan beragam warna tergantung dari jenisnya.

     Ada beberapa jenis batu akik Kalimaya yang bisa dijumpai di masyarakat yaitu sebagai berikut:

1. Batu Kalimaya Kristal Teh

Batu Kalimaya Kristal Teh merupakan salah satu Jenis Batu Akik Kalimaya yang memiliki ciri khas tersendiri. Hal ini dikarenakan batu Kalimaya ini memiliki warna bening kecoklatan, hampir mirip seperti teh yang diseduh. Di samping lain, batu Kalimaya ini berbentuk seperti kristal.

2. Batu Kalimaya Kristal

Sejenis batu akik Kalimaya yang paling populer saat ini adalah batu akik Kalimaya kristal. Sesuai namanya sendiri, dimana batu akik yang satu ini memiliki bentuk bahan kristal. Di dalamnya terdapat warna bening dengan serabut yang beraneka warna. Hal inilah yang membuat banyak kolektor atau pencinta batu akik mengincar batu akik yang satu ini disamping Khasiat Batu Akik Kalimaya yang satu ini cukup spektakuler. Karena keindahan dan ciri khas yang dimilikinya, batu Kalimaya kristal juga dijual dengan harga yang cukup fantastis.

3. Batu Kalimaya Kristal Air Kelapa

Untuk jenis batu Kalimaya yang satu ini sebenarnya memiliki bentuk dan tekstur yang hampir sama seperti batu akik Kalimaya kristal. Adapun ciri yang membedakan antara batu Kalimaya kristal dan batu Kalimaya kristal air kelapa ini adalah terdapat pada warnanya yang agak gelap dengan tertutupi oleh warna putih.

4. Batu Kalimaya Kristal Kopi

Ternyata tak hanya batu Kalimaya kristal teh saja yang memiliki ciri khas seperti air seduhan teh, melainkan juga batu Kalimaya kristal kopi yang memiliki warna lebih gelap seperti warna pada air minuman kopi. Meskipun begitu, batu akik Kalimaya jenis ini juga menjadi salah satu jenis bebatuan yang banyak diincar orang selain Batu Akik Kecubung Wulung.

5. Batu Kalimaya Black Opal

Diantara semua jenis Batu Kalimaya, batu Kalimaya Black Opal-lah yang termahal karena memiliki warna dan tekstur bahan yang begitu memukau. Adapun warna batu akik ini adalah berwarna bening sedikit gelap.
Batu Akik jenis Kalimaya (Black Opal) memiliki struktur dan keindahan yang pantas dihargai mahal. Batu Akik Kalimaya termasuk dalam jajaran batu akik dengan harga termahal di Indonesia. Batu akik ini harganya bisa mencapai 2500 USD per karat. Dengan harga setinggi itu, Pemerintahan Provinsi Banten yang merupakan asal dari batu akik jenis kalimaya ini bertekad akan menggarap dengan serius guna meningkatkan taraf ekonomi penduduknya.

6. Batu Kalimaya Kristal Susu

Untuk Batu Akik Kalimaya ini, memiliki tekstur dan warna hampir menyerupai air susu karena tertutupi oleh warna putih. Batu akik yang satu ini mempunyai warna lebih cerah jika dibandingkan dengan jenis batu Kalimaya kristal air kelapa.

7. Batu Kalimaya Black Opal Solid

Batu Kalimaya jenis ini sebenarnya memiliki ciri khas yang hampir sama dengan jenis batu Kalimaya lainnya, hanya saja yang membedakan adalah warnanya yaitu sedikit kelabu-abuan.

     Tips Membedakan batu Kalimaya yang asli dan yang palsu:

1. Pembakaran

Untuk batu Kalimaya yang asli, jika dibakar maka akan tahan terhadap api. Selain itu, batu Kalimaya asli akan lebih mudah dingin setelah dibakar, tidak seperti yang palsu.

2. Zat kimia
Batu akik Kalimaya asli jika diolesi oleh beberapa zat kimia akan tahan. Contohnya yaitu jika diolesi cat, maka cat tidak akan membekas di batu Kalimaya.

3. Serat batu
Pembuktian lainnya yaitu dapat dilihat dari serat batu tersebut. Serat batu Kalimaya asli sangat jelas dan terlihat bening. Tetapi yang palsu akan terlihat tidak berserat.

4. Tekstur dan Berat

Pembuktian terakhir batu akik Kalimaya yaitu dari tekstur dan berat batu tersebut. Coba angkat batu Kalimaya tersebut, rasakan beratnya. Untuk yang asli beratnya akan terasa, sedangkan yang palsu akan terasa lebih ringan. Untuk tekstur, coba gosokkan batu akik tersebut. Anda dapat menggosokkan batu akik sesama batu akik. Untuk batu akik Kalimaya hitam asli tidak akan mudah tergores.

     Harga Batu Akik Kalimaya dengan kualitas yang ditawarkan serta tingginya permintaan dari luar negeri, membuat harga batu akik kalimaya semakin meningkat. Konsumen dari berbagai negara seperti Malaysia, Korea, Jepang dan Amerika juga banyak berburu batu akik kalimaya tersebut. Sampai saat ini harga untuk batu akik kalimaya asli super dengan warna yang sudah berkembang bisa mencapai kisaran paling rendah Rp 300 ribu sampai dengan Rp 500 juta.

     Dengan memperhatikan beberapa aspek tersebut maka setidaknya Anda dapat meminimalisir penipuan. Selain warna dan bentuknya lebih indah, batu Kalimaya yang asli tentu memiliki khasiat. Oleh sebab itu, sebelum membeli batu akik Kalimaya Anda harus berhati-hati dan waspada.

BACA JUGA ARTIKEL :

# Menghilangkan retak Dan  Mengeluarkan warna (jarong) Pada Batu Akik Black opal

#Merawat Dan Mengkilapkan Batu Akik Kalimaya Black Opal

Terimakasih telah berkunjung diblog qsuro silahkan follow.

0 comments:

Post a Comment